Poros Indonesia, Wajo Sulawesi Selatan — Rencana aktivis pedagang pasar malam di terminal callaccu masih menuai tarik ulur dikarenakan Pemda tidak memberi izin untuk pedagan pakaian bekas impor atau cakar.

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo telah meninjau Terminal Callaccu,Senin 29/6/2020

Pemerintah Kabupaten Wajo menyaratkan, untuk membuka aktivitas pasar malam yang digelar dua kali sepekan, malam Kamis dan malam Ahad itu untuk tidak berjualan pakaian impor bekas atau cakar untuk sementara.

Elfrianto salah satu anggota DPRD Kabupaten Wajo yang turut hadir dalam kunjungan itu mengatakan
“Kesepakatan masih digodok, masih tarik menarik antara penjual cakar, karena Pemda maunya untuk sementara cakar jangan dulu sebab sangat berisiko kebanyakan dari luar negeri” ucap Anggota DPRD yang dikenal sosok religius tersebut.

Disamping itu, protokol kesehatan harus diterapkan oleh pedagang dan pengunjung pasar malam yang identik dengan surga pakaian impor bekas itu.

Seperti, penggunaan masker, atur jarak, penyediaan hand sanitizer serta pembatasan pedagang.

“Khusus untuk pedagang lokal atau asal wajo saja dan harapannnya bisa segera ketemu kesepakatan dan pedagang berjualan kembali” kata Kevin nama sapaan Sekertaris DPD PAN Wajo itu.

Senada dengan itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo, Andi Aso Hasanuddin pun mengatakan belum ada keputusan kapan para pedagang diizinkan untuk menggelar lapak dan berjualan lagi.

“Hari ini baru survei, kalau pedagang siap untuk taat dan patuhi protokol kesehatan dan paling penting tidak berjualan cakar dulu” ungkapnya

Mengingat julalan pakaian impor bekas sangat rentang akan penyebaran virus dan sebagai upaya memutus mata rantai penularan virus corona.

Sebelumnya, para anggota DPRD Wajo telah mewanti-wanti, jangan sampai dengan diizinkannya aktivitas pasar malam di Terminal Callaccu Sengkang, akan muncul klaster baru penyebaran Covid-19.

BACA JUGA :  BPJS naik masyarakat Pangkalpinang ramai turun kelas

Diketahui, permintaan para pedagang pasar malam terminal callaccu untuk kembali berjualan dimasa pandemi atas dasar karena sudah banyaknya pusat perbelanjaan yang buka kembali dan mengingat Peraturan Bupati Wajo nomor 69 tahun 2020 tentang protokol kesehatan dalam masa pandemi.

(Asl/bust)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here