Poros Indonesia, Labuha Halamahera selatan – Dalam rangka mempersiapkan Kualitas Sumber Daya Gereja dan Masyarakat adalah tanggung jawab bersama. Para Pelayan Khsusu yakni Majelis Jemaat pada Periode 2020-2025 adalah Sumber Daya Gereja dan Masyarakat yang telah dipilih melalui mekanisme Pemilihan Majelis Jemaat.

Melalui Pesta Demokrasi gerejawi, telah terpilih Penatua dan Diaken yang melayani di Jemaat-Jemaat Se-Klasis GPM Pp. Bacan.
Majelis Jemaat yang terpilih dan yang telah ditabiskan berasal latar belakang pendidikan, pekerjaan, sosial, latar belakang budaya dan wilayah yang berbeda-beda. Tentunya, hal ini turut mempengaruhi cara pandang, pola pikir dan tindakan dalam melayani. Selain itu, rendahnya pemahaman terhadap eklesiologi GPM, penguasaan berbagai regulasi dan aturan bergereja, rendahnya keterpanggilan melayani, rendahnya komitmen dan kapasitas diri menjadi masalah yang perlu diintervensi melalui program penataran Majelis Jemaat.

Di sisi lain, tanggung jawab mempersiapkan Sumber Daya Pelayan Gereja yang mampu bertkontribusi bagi peningkatan sumber daya warga jemaat dan masyarakat di Halmahera Selatan khususnya Pelayanan Klasis GPM Pulau-pulau Bacan sangatlah penting. Oleh sebab itu, Majelis Pekerja Klasis menggelar Penataran Majelis Jemaat GPM Se-Klasis Pulau-pulau Bacan.

Selain memenuhi kebutuhan peningkatan kapasitas internal gereja, diharapkan melalui kegiatan Penataran Majelis Jemaat ini, gereja turut membantu pemerintah daerah dalam mensukseskan pembangunan sumber daya manusia yang dapat diandalkan, peningkatan kualitas hidup masyarakat perkotaan dan pedesaan, merawat alam untuk hidup yang berkelanjutan serta menjunjung tinggi tatanan nilai hidup bersama sebagai anak bangsa yang berbudaya di Kabupaten Halamahera Selatan yang sama-sama kita cintai.

Mengingat kita sementara menghadapi Pandemic Covid-19 maka Penataran Majelis Jemaat di Klasis GPM Pulau-Pulau Bacan yang seharusnya berlangsung disatu titik dirubah pelaksanaannya secara Rayon. Rayon 1 meliputi Jemaat GPM Waringin, Akedabo, Lelongusu, Galala, Tuwokona, Panamboang, Tomori dan Labuha. Rayon 2 meliputi Jemaat GPM Wayamiga, Babang, Marantha Sayoang, Bori dan Tawa. Rayon 3 Meliputi Songa, Bibonoi, Wayaua, Pigaraja dan Tutupa.

BACA JUGA :  Pemprov. Babel Lakukan Pembahasan Tambahan Penghasilan Pegawai ASN

Rayon 4 meliputi Jemaat GPM Geti Lama, Geti Baru, Yaba, Keilaka dan Lata-Lata. Untuk Rayon 1 dilaksanakan Pada tanggal 15-17 September 2020 di Jemaat GPM Labuha. Mohon topangan doa seluruh pelayan dan warga Jemaat agar kegiatan peningkatan kapasitas melayani dari para pelayan ini dapat berlangsung aman, sehat dan sukses demi kemuliaan nama Tuhan melalui Gereja Protestan Maluku, Gereja Laut Pulau, Gereja Orang Basudara di Bumi Sarumah tercinta.

Biro Halsel (Jp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here