Poros Indonesia, Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021.

Lowongan CPNS pemerintah pusat dibuka sebanyak 83.000 orang dengan persentase 50 % PPPK dan 50 % CPNS.

Pemerintah disebut membutuhkan sekitar 1,3 juta ASN. Terdiri atas satu juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) melalui skema yang menjadi program kemendikbud dan khusus untuk pemerintah daerah (Pemda).

Proses pendaftaran mulai dilakukan bulan April hingga Mei 2021. Pengumuman formasi lengkap akan diberitahukan pada bulan Maret mendatang.

Untuk kebutuhan selain guru di pemda disediakan sebanyak 189 ribu. Terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru dan 119 ribu CPNS untuk jabatan teknis yang sangat diperlukan termasuk tenaga kesehatan, kata Plt Deputi SDM Aparatur KemenPAN RB Tego Wijanarko, Senin (15/2/2021).

Jumlah formasi ini sudah diusulkan oleh Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan telah disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan usulan kebutuhan ASN 2021.

Namun sebelumnya akan diumumkan terlebih dahulu jumlah CPNS dan PPPK yang dibutuhkan oleh instansi pemerintah, baik itu di pusat maupun daerah, “pungkas Tego.

[Red PI]

BACA JUGA :  Pemerintah bersama LPMK Kelurahan Benteng Melakukan Sosialisasi Penyalagunaan Narkoba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here