Poros Indonesia, Sekadau Kalbar (Rabu 24/02/2021) – Polres Sekadau AKBP Kayuswan Tri Panungko mengadakan tes urine sebagai langkah pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan internal Polres Sekadau.

Dalam acara giat tes urine dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Kayuswan Tri Panungko diikuti oleh 22 personel dari Polres dan Polsek jajaran yang dipilih secara acak. Pemeriksaan urine juga dibawah pengawasan langsung Sie Propam.

Kapolres mengatakan dalam acara giat tes urine internal ini bertujuan untuk memastikan bahwa ditubuh polri itu sendiri bebas dari narkoba dan hal ini juga merupakan atensi Kapolri untuk melakukan tes urine di internal polri. Tindakan ini diambil untuk menunjukkan sekaligus sebagai evaluasi kinerja polisi di mata masyarakat, dan untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap institusi polri, sehingga nanti jika ada terbukti anggotanya positif narkoba saya tidak segan-segan memproses sesuai hukum yang berlaku, sehingga tidak terkesan hukum itu tumpul ke atas dan tajam kebawah. Ucapnya.

Wakapolres Sekadau Kompol Edy Haryanto mengatakan, tes urine dilakukan untuk mencegah dan mengetahui terjadinya penyalahgunaan narkoba sekaligus upaya penguatan aspek pengawasan internal.

Sebanyak 22 personel, lanjut Wakapolres, diuji sampel urinnya menggunakan Test Kit Standareagen Combo Diagnostic Kit Multi Drug Panel dan hasilnya disampaikan saat itu juga.

Dari hasil pemeriksaan keseluruhannya negatif, personel yang menjalani tes urine dinyatakan tidak terindikasi menggunakan atau mengkonsumsi narkoba.

Wakapolres mengungkapkan, tidak ada toleransi untuk narkoba, tindakan tegas akan diberikan kepada personel yang terbukti terlibat dalam penyalahgunaannya.

“Ancamannya jelas, bagi yang terbukti bersalah menggunakan narkoba akan dipecat secara tidak hormat dari institusi Kepolisian dan dijerat sanksi pidana,” pungkas Wakapolres.

Biro Kalbar (Jf).

BACA JUGA :  Penggerak PKK kecamatan Gerimaya lakukan gotong royong bersama, dalam rangka pembuatan apotek hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here