Depok,Poros Indonesia – Tanggul jebol yang berada di jalan Gotong royong, RT.007/009 Kel.Jatijajar, Kec.Tapos, Kota Depok ini belum mendapat kejelasan kapan akan diperbaiki dari pihak-pihak terkait.

Seperti yang disampaikan ketua RT 007 Bapak Rofi’i kepada media ini, ” kejadian tanggul jebol ini sebetulnya dari terjadi tanggal 20 Februari 2020, bahkan pada saat kejadian tersebut ketua LPM dan Lurah sudah meninjau langsung ke lokasi.”

Saat ini kita mendapat tanggapan dari pihak-pihak terkait dan jawabannya pun masih sama, kapan dan kepastiaannya akan diperbaiki, saya dan warga pun masih tanda tanya besar. Karena mungkin terkait dengan dana nya, kata ketua RT 007 itu.

Tadi siang sekitar pukul 11.00 Wib Rabu 25/5/202, dari pemerintahan sudah datangi melihat tempat dan lokasi tanggul jebol ini, yang hadiri oleh Kadis PUPR, camat, lurah dan ketua LPM. Tetapi kami belum menemukan jawaban yang pasti, dan inti dari kedatangan ini juga masih belum jelas karena masih diusahakan kata mereka.

Pada saat ini kami memperkirakan kerugian akan dampak tanggul jebol ini yang dialami masyarakat mencapai hingga ratusan juta, jelas nya.
Pada waktu kejadian ini, warga yang terdampak itu mencapai 200 KK, dan yang paling parah terkena dampak banjir nya sebanyak 40 KK, dan banjir ini hanya berdampak di lingkungan RT 007/009 saja, jelas nya.

Diperkirakan untuk memperbaiki tanggul ini dibutuh kan dana sebanyak Rp.50.000.000;- kurang lebih, ucap nya.

Kadis PUPR, Camat dan Lurah meninjau kelokasi

Sebelum kejadian, memang kami pihak RT dan RW sudah mengusulkan bahkan mengajukan proposal untuk peninggian tanggul pada tahun 2019, tetapi sampai sekarang belum ada tanggapan sama sekali dari pihak-pihak terkait, jelas nya.

BACA JUGA :  Lanal Babel Buka Layanan Vaksinasi Gratis Di Pos AL Sungailiat

Demikian juga tanggapan dari salah seorang warga terdampak bernama pak Harto, warga RT 007/009, mengatakan bahwa banjir yang terjadi kemarin itu benar-benar sangat membahayakan sekali dan tentunya banyak membuat kerugian materi bagi kami dan warga lain nya, ucap nya. Dan kami warga disini sangat berharap akan kebijakan dari pemerintah, agar segera memperbaiki nya, supaya jangan terjadi lagi banjir seperti itu, harap nya.

Ketika media ini mengkonfirmasi kepada lurah Jati jajar lewat pesan Whatsapp, menjawab ” Ya terkait tanggul yang longsor harap bersabar, kita lagi usahakan melakukan pengajuan anggaran dari Pemkot Depok, sedangkan untuk dana taktis penanggulangan bencana tidak ada di kelurahan, adanya ditingkat kota, dan bahkan kejadian ini sudah sampai ke Kadis, bahkan Kadis sudah membawa surat laporannya, karena anggaran yang belum teranggarkan, kata Sugino.

Demikian juga tanggapan salah seorang warga sekitar yang juga penggiat lingkungan mengatakan,
” dalam permasalahan ini sebenarnya yang harus diperhatikan adalah kinerja dari pihak-pihak terkait harus dipertanyakan, karena selama ini belum ada tanggapan dan jawaban yang pasti, harusnya ketika kejadian itu terjadi, pihak-pihak terkait harus melakukan gerak cepat, karena tanggul ini bisa menyebabkan banjir yang akan berdampak besar terhadap masyarakat, dan juga ditakutkan akan membawa penyakit akibat dari sampah dan genangan air tersebut, ucap nya.

( Elma)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here