Jakarta, Poros Indonesia – Dinas Jasmani Angkatan Darat (Disjasad) sebagai Lapangan Kekuasaan Teknis (LKT) bidang Jasmani TNI AD bertanggung jawab terhadap kesiapan jasmani prajurit TNI AD. Disjasad melaksanakan program asistensi dan pengawasan (Aswas) yang telah disusun dan diorganisir, secara sistematis, terarah serta terukur dari penjabaran petunjuk pelaksanaan program anggaran TNI AD.

Dalam keterangan tertulis Disjasad, Selasa (29/6/2021), pembinaan postur tubuh dilakukan untuk membentuk, meningkatkan dan memelihara postur tubuh guna mewujudkan bentuk tubuh, sikap dan penampilan serta struktur anatomis yang proporsional sehingga menggambarkan penampilan sebagai prajurit yang tangkas dan trengginas dalam melaksanakan tugas.

Pelaksanaan Aswas program latihan fitness di jajaran TNI AD pada Triwulan III TA 2021 terbagi dalam 2 (dua) gelombang yaitu gelombang I dilaksanakan mulai dari tanggal 14 s.d 17 Juni 2021 dengan sasaran Kodam VI/Mlw, Kodam IX/Udy, Kodam XII/Tpr, Kodam XIII/Mdk, dan Kodam XVI/Ptm, dan gelombang II dilaksanakan mulai dari tanggal 1 s.d 4 Juli 2021 dengan sasaran Kodam I/BB, Kodam V/Brw, Kodam XVII/Cen, dan Kodam IM.

Materi yang akan dilaksanakan pada kegiatan program latihan Fitness di satuan jajaran TNI AD TA 2021 yaitu melaksanakan pengecekan secara langsung terhadap metode latihan yang digunakan, hasil program latihan, fasilitas latihan, perawatan dan penggunaan alat Fitness.

Kepala Dinas Jasmani Brigjen TNI Khairul Anwar M., S.H., M.Tr (Han) turut serta melaksanakan peninjauan ke salah satu satuan tempur TNI AD yaitu di Yonif 621/Mtg di Kodam VI/Mlw dan Yonif Raider 733/Masariku di Kodam XVI/Ptm.

Dalam peninjauan tersebut, Kadisjasad memberikan arahan dan penekanan kepada seluruh prajurit Yonif 621/Mtg didampingi oleh Komandan Batalyon Letkol Inf Yoga Yastinanda, S. I. P dan Yonif Raider 733/Masariku didampingi oleh Komandan Batalyon Letkol Inf Davit Sirait, S.E “agar prajurit selalu menjaga kebugaran fisik yang prima dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AD serta diimbangi pola makan (nutrisi) yang baik, istirahat teratur agar postur tubuh dalam kondisi selalu ideal.

BACA JUGA :  Sulbar Diguncang Gempa Magnitudo 6,2, Kantor Gubernur Ambruk

Pada kegiatan itu pula secara simbolis Kadisjasad memberikan cinderamata sebagai apresiasi kepedulian Dansat dalam mengoptimalkan latihan fitness dan Weight Training, sebagaimana telah diperintahkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat.

Secara umum, penyelenggaraan kegiatan Aswas program latihan fitness TA 2021 ini, dapat berjalan dengan tertib, aman, dengan hasil memuaskan. (Dispenad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here