Jakarta, Poros Indonesia – Dalam beberapa waktu lalu, sering kita dengar pengaduan dari beberapa masyarakat mengenai pupuk subsidi yang disediakan oleh kementerian pertanian bagi petani Indonesia.

Namun ketersediaan pupuk tersebut sangat sulit didapatkan para petani seperti dalam pengaduan nya. Hal ini dikarenakan masyarakat masih awam untuk memperoleh nya, dan bagaimana cara untuk mendapatkan pupuk bersubsidi tersebut, ucap Sarwo Edhy salah satu staff ahli kementerian pertanian.

Untuk itu maka masyarakat atau pelaku dan insan petani harus mengetahui bagaimana cara dan sistim intuk memperoleh pupuk tersebut, ucap Sarwo edhy.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mendapatkan pupuk subsidi tersebut, seperti :
1. Bergabung dengan kelompok tani
2. Menyusun RDKK nya.
3.Diajukan ke Dinas Pertanian setempat setelah di koordinasikan oleh PPL melalui BPP.

4.Luasan yang memperoleh pupuk subsidi untuk perikanan darat maximal 1 Ha dan untuk komoditas tanaman pangan, perkebunan, hortikultura dan hijauan ternak maximal 2 Ha.

5.setelah usulan masuk ke Dinas Pertanian setempat, maka Tim yang mebidangi pupuk pada dinas pertanian tersebut melakukan verifikasi tentang kebenaran usulan tersebut sebelum di sampaikan ke Kementerian Pertanian melalui Dinas Pertanian Provinsi.

Pupuk bersubsidi ini memang benar di sediakan oleh kementrian pertanian untuk petani-petani Indonesia yang nantinya akan membantu Indonesia lebih maju dibidang pertanian, dan juga telah ditetapkan dan diatur dalam Permentan tahun 2000, bahwa yang berhak mendapatkan bantuan pupuk bersubsidi ini adalah petani-petani yang kurang mampu, dan mereka harus tergabung di kelompok tani di daerah masing-masing, dan nanti pemerintah mengeluarkan kuota.

Sangat di sayangkan sebetulnya potensi sumber pangan itu sangat melimpah, namun saat ini masih belum maksimal, oleh sebab itu maka Kementan minta kepada masyarakat dan petani agar bersinergi dan membentuk kelompok tani, jelasnya.
( Elma)

BACA JUGA :  Koarmada I Peringati HUT Ke-76 TNI AL Secara Sederhana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here