DAERAH

Akhir tahun, Pemkab Wajo dan BPN serahkan 207 sertifikat tanah gratis di Keera

 

Poros Indonesia, Wajo — Bupati Wajo Amran Mahmud menyerahkan 207 sertifikat tanah gratis bagi nelayan dan warga di kecamatan Keera, Senin (13/12/2021).

Penyerahan sertifikat ini berlangsung di aula Kantor kecamatan Keera yang digelar oleh Dinas Perikanan kabupaten Wajo bekerjasama dengan Badan Pertanahan/Agraria dan Tata Ruang (BPN/ATR) Wajo.

Amran Mahmud menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Wajo dan BPN selama ini telah melakukan pendampingan program Sertifikasi Hak Atas Tanah Nelayan (Sehat) dan Sertifikasi Hak Atas Tanah Pembudidaya Ikan (Sehatkan).

“Alhamdulillah hari ini kita bersyukur karena ada sebanyak 100 warga yang mendapatkan sertifikat gratis dari program Sehat dan 107 dari program sehatkan untuk Kecamatan Keera,” ucap Amran Mahmud.

Ketua IKA Uniprima Sengkang ini menjelaskan, program tersebut merupakan upaya pemerintah untuk melindungi nelayan dan keluarganya serta keberlangsungan usaha penangkapan ikannya.

Menurutnya, ada banyak manfaat dari sertifikat tanah gratis. Diantaranya, adalah menjadi jaminan kapasitas hukum hak atas tanah tentang kepemilikannya.

“Selain itu, dapat mencegah sengketa kepemilikan dan menjelaskan batas tanah. Bisa juga digunakan untuk agunan atau jaminan pada bank dan lembaga keuangan jika membutuhakn pinjaman modal untuk meningkatkan usaha serta meningkatkan nilai jual objek tanah,” tambah Amran.

BACA JUGA :   PAMMI menggelar pentas musik untuk mencari bakat - bakat yang terpendam.

Amran juga pada kesempatan tersebut mengajak masyarakat, khususnya nelayan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan agar lebih terjamin dalam menjalankan pekerjaannya.

“Kita berdoa semoga tidak terjadi, tetapi setidaknya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya kecelakaan kerja, maka BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan jaminan sebagai pengganti penghasilan kita sesuai ketentuan,” ucapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Wajo, Nasfari, Mewakili Kepala BPN/ATR Kabupaten Wajo, Mewakili Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Wajo, Camat Keera, Para Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Keera serta masyarakat penerima.

Diketahui, 100 orang masyarakat penerima program sSehat adalah masyarakat dari kelurahan Ballere, desa Keera, desa Inrello dan desa Pattirolokka. Sementara, 107 orang masyarakat penerima program Sehatkan dari desa Keera, desa Pattirolokka dan desa Inrello.

Pada kesempatan itu juga, Amran Mahmud menyerahkan secara simbolis 10 buah kulkas box untuk satu kelompok nelayan dari kecamatan Pitumpanua yang bersumber dari APBD Kab. Wajo tahun 2021. (Bust)

Shares

BACA JUGA

Kapolres Bangka AKBP Indra Kurniawan.S.H.,S.I.K.,M.Si : Arus mudik diwilayah hukum Polres Bangka masih terlihat sepi dan kondusib

Ade Darmansyah