DAERAH

Bupati Sambas H. Satono. S.Sos. MH resmikan Yayasan Cahaya Teratai Mitra peduli sesama Sempalai Sambas 2022

 

Poros Indonesia, Sempalai kabupaten Sambas Kalbar ( Jumaat 14/01/2022) –  Acara Peresmian Yayasan Cahaya Teratai Mitra Peduli Sesama Simpalai kabupaten Sambas di resmikan oleh Bupati Sambas H. Satono S.Sos. MH, berjalan aman dan lancar serta tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Acara peresmian ini dilakukan dengan pemotongan pita oleh Bupati Sambas H. Satono S.Sos. MH dan ketua yayasan bapak Tjhang Sun Shin Sekaligus penanda tangan prasasti. Dengan pembawa acara/MC Arifin yang didatangkan dari Singkawang

Yayasan ini terbentuk sejak tahun 2019 awalnya di mulai dari 2 orang yaitu bapak Tjhang Sun Shin dan Susan Betharia melalui Facebook, mereka berdua tergerak dan terbeban untuk misi kemanusia, membantu orang yang tidak mampu.

Kemudian berkembang dan bertambah anggota sebanyak 20 orang, karena merasa satu visi dan misi akhirnya tahun 2021 mereka bersepakat untuk membentuk yayasan dan membuat badan hukum ke akta notaris disepakati bernama “Yayasan Cahaya Teratai Mitra Peduli Sesama dengan nomor Akta : 12 tanggal 19 November 2021, SK Kemenkumham : AHU.0037440.AH.01.12 Tahun 2021, tgl 23 November 2021 beralamat Jln. Raya Sempalai no 52 Rt 012/06 Sempalai kecamatan Tebas kabupaten Sambas.

Dalam sambutan Bupati H. Satono S.Sos. MH. menuturkan bahwa kabupaten Sambas ini wilayahnya terluas kedua dari Pontianak, dan kedua kecamatan Tebas merupakan wilayah terluas di kabupaten Sambas. Tentu pemerintah harus kerja extra untuk menciptakan pelayanan kepada masyarakat. Sambas memiliki 193 desa dan letaknya jauh-jauh, dan memiliki 600 ribu lebih jumlah penduduk terbesar kedua dari kota pontianak. Bupati, wakil bupati, Kapolres, camat, Polsek, Koramil dan kepala desa tidak bisa bekerja sendiri.

BACA JUGA :   Warga Sungailiat dapat kursi roda, uang tunai dari Bupati Bangka

Lewat peresmian Yayasan Cahaya ini Bupati mengajak semua lapisan masyarakat untuk dapat bersinergi membangun kabupaten ini. Satono menguraikan bahwa buat apa kita banyak uang, banyak kekayaan, jabatan tinggi tapi orang-orang disamping kita masih kelaparan, miskin, anak-anak ngga bisa sekolah. Hal yang paling mulia yang seharusnya kita lakukan adalah hidup, kekayaan dan jabatan bisa berguna (bermanfaat) bagi sesama. Karena menurutnya perbuatan menolong atau saling berbagi itulah memiliki nilai yang paling tinggi, ucapnya.

Masih Bupati memberikan apresiasi kepada Yayasan Cahaya ini bisa ikut mendukung pemerintah membantu warga kita yang membutuhkan. Sementara saat awak media menanyakan beberapa desa yang mengalami banjir, menurutnya pemerintah dibantu anggota dewan dan semua SKPD sudah diperintahkan untuk membantu warga yang membutuhkan bantuan bahkan dirinya sendiri turun mihat kondisini disana,tuturnya.

Ketua Yayasan Tjhang Sun Shin memberikan sambutan dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang sudah bersedia hadir untuk meresmikan yayasan ini, dalam kesempatan pereamian itu Thjang menyampaikan bahwa hingga tahun 2022 yayasan cahaya ini sudah membantu 28 kepala keluarga yang kurang mampu dan bantuan mereka berikan setiap bulan serta merincikan bahwa mereka telah mempunyai donatur tetap ada sekitar 40 orang.

BACA JUGA :   Dugaan korupsi dana PIP SMPN 17 Tangsel sebut nama Partai Demokrat

Lanjut Thjang berharap semoga yayasan yang dipimpinnya dapat bermanfaat bagi masyarakaat Sambas, beliau juga mengatakaan bahwa dia dibantu beberapa kawan diantaranya Betty Bun yang selalu membantu untuk mengembangkan yayasan cahaya ini. Sahutnya

Sementara Bun Betty salah satu donatur di yayasan ini menuturkan bahwa memiliki kerinduan agar yayasan ini dapat memberi solusi dan bermanfaat bagi sesama. Betty menceritakan satu pengalaman dimana diajak untuk mengunjungi salah satu rumah gubuk yang di huni oleh seorang janda rasanya meneteskan air mata, karena menurutnya kondisi rumah seperti ini seharusnya sudah tidak layak huni.

Tapi puji Tuhan akhirnya yayasan yang dibangunnya terbeban untuk membantu tiap bulan memberikan bantuan kepada ibu janda tersebut. Bun Betty berharap semoga ketika membaca berita ini lebih banyak lagi para donatur tergerak membantu orang-orang yang kurang mampu di kabupaten sambas ini lewat Yayasan Cahaya Teratai Mitra Peduli Sesama, tutupnya.

Biro Sambas (Vicky)

Shares

BACA JUGA

Kades Katapang bersama Tim Bedas Jemput bola di Dusun IV desa Katapang sisir warga yang belum di Vaksin

Ade Darmansyah