DAERAH

Gustari ketua forum pemerhati pertambangan perkebunan dan kehutanan Bangka tanggapi soal anjlok nya harga Timah dan sawit.

Poros Indonesia, Bangka – Harga timah dan sawit terjun bebas, Gustari minta pemerintah pusat turun tangan. Dampak dari anjloknya harga timaàh dan buah sawit akhir akhir ini di pasaran berimbas pada pendapatan dan penghasilan masyarakat, hal ini bila tidak diselesaikan akan memperparah perekonomian masyarakat Bangka belitung, permasalahan ini tidak luput dari perhatian Forum Pemerhati Pertambangan, perkebunan dan kehutanan  Kab. Banka saudara Gustari saat di hubungi media melalui phone ( 28/6/2022).

Beliau mengatakan, anjloknya harga timah dan sawit bisa saja terjadi tiba tiba dikarena faktor faktor tertentu, seperti permintaan kebutuhan buah sawit atau timah hasil dari masyarakat dihentikan pihak perusahaan, penyebabnya karena sistem pemasaran dari hasil masyarakat tidak melalui kontrak kerja, sehingga harga harga mudah dipermainkan.

Makanya saya berharap Presiden dan DPR RI dapat membuat aturan aturan yang memiliki kekuatan hukum, agar perusahaan tidak semena mena menampung dan membeli hasil tambang atau hasil pertanian rakyat, artinya kalau perusahaan mau menampung atau membeli hasil usaha masyarakat yang ilegal, harus dibuat aturan aturan. Karena iniilah salah satu faktor akibat kegiatan usaha masyarakat yang tidak sesuai aturan ( ilegal) mudah di dapati perusahaan apa bila stok produksi sudah tercapai target, pihak prusahaan menurunkan harganya, tapi kalau belum mencapai target harganya akan dinaikan jelasnya.

BACA JUGA :   Danlanal Babel dan Ketua Jalasenastri Cab.4 Korcab III DJA 1 sambut kedatangan Wakil Presiden RI

Usaha pertanian atau pertambangan yang dikelola masyarakat tanpa izin yang dibeli atau ditampung pihak prusahaan tanpa kontrak perjanjian akan menguntungkan pihak prusahaan, dan kami memberikan satu konsep dengan kajian kajian hukum dan penelitian yang akan disampaikan ke PJ. Gubenur sebagai bahan penyampaian ke Presiden atau DPR RI.

Dan konsep itu berjudul kegiatan usaha masyarakat bersyarat akibat keterlanjuran, tambahnya mengakhiri. (Abdul Rais)

Shares

BACA JUGA

Memudahkan peserta NIK sebagai indentitas peserta program JKN -KIS

Ade Darmansyah