DAERAH

Kapolres Bengkayang AKBP Arif Agung Winarto, S.I.K. pimpin gelar apel kesiapan penanganan bencana alam

 

Poros Indonesia, Bengkayang Kalbar (Kamis, 20/01/2022)- Kapolres Bengkayang AKBP Arif Agung Winarto, S.I.K. memimpin langsung gelar apel kesiapan Bencana Alam. Menurut Kapolres Bencana alam tidak bisa kita prediksikan kapan bisa terjadi.

Maka dari itu, antisipasi dan kesiapan dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Bengkayang perlu ditingkatkan, Kapolres Bengkayang menggelar Apel pengecekan Sarpras Penanganan Bencana tahun 2022.

Apel dipimpin oleh Kapolres Bengkayang AKBP Arif Agung Winarto, S.I.K. dan dihadiri Wakil Bupati Bengkayang Drs. H. Syamsul Rizal, Danramil Bengkayang Kapten Inf. Aswani Kunto serta tamu undangan dan seluruh personel Polres Bengkayang.

Dalam arahannya, AKBP Arif Agung Winarto mengatakan Apel siaga bencan ini digelar untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana di Bengkayang seperti banjir, longsor dn puting beliung.

“Seperti yang kita ketahui bahwa telah bencana alam puting beliung di Kota Pontianak dan pernah juga terjadi bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Bengkayang yang berdampak gangguan kamtibmas, ekonomi dan kontijensi,” Ucapnya

BACA JUGA :   Abdul Mutolib : Kecamatan Tapos terus bersinergi dengan pemerintah daerah maupun pusat

Maaih, Kapolres meminta untuk melakukan langkah-langkah penanganan terpadu dengan melakukan pendataan daerah rawan, jumlah rumah dan penduduk yang tinggal didaerah rawan serta sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu waspada.

“Lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait untuk menyiapakan tempat pengungsian dan bantuan berupa sembako, obat-obatan serta tenaga medis untuk membantu korban bencana. Siagakan personel dan sarpras untuk evakuasi korban dan memberikan bantuan,” Pintanya.

Diakhir kata sambutannya, Kapolres meminta untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan teknis dan non teknis anggota khususnya dengan penanganan dan pasca bencana serta tingkatkan deteksi dini bencana alam.

“Mitigasi diwilayah rawan terjadinya bencana alam dengan pembuatan rambu-rambu jalur evakuasi untuk mengarahkan masyarakat menuju titik kumpul atau area aman dari bencana,”tutupnya.

Setelah pelaksanaan apel, Kapolres Bengkayang bersama Wakil Bupati Bengkayang melihat serta mengecek langsung peralatan dan kendaraan untuk penanggulangan bencana yang telah digelar di lapangan dengan menghadirkan peralatan dari Polri, BPBD, Manggala Agni dan Damkar

Biro Kalbar (Jf).

Shares

BACA JUGA

Badan Kesbangpol, Satpol PP dan Damkar Kab. Wajo gelar rapat forum perangkat daerah.

Ade Darmansyah