DAERAH

Komisi 3 DPRD Kab. Wajo Soroti Realisasi Anggaran Bappelitbangda Wajo

Poros Indonesia, Wajo – Anggota DPRD Wajo menyoroti realisasi anggaran Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda). Sebab, realisasi anggaran masih rendah padahal dana yang diberikan cukup besar.

Ketua Komisi III DPRD Wajo, Taqwa Gaffar mengaku, telah menggelar rapat kerja Komisi III Bidang Pembangunan bersama mitra kerja, di Gedung DPRD Wajo beberapa waktu lalu.

Rapat itu guna membahas laporan semester I atau periode Januari – Juni terhadap pelaksanaan APBD tahun 2022.

Dari semua mitra kerja, 3 OPD ini adalah induk. Alokasi anggaran tinggi, makanya diberikan perhatian dan pengawasan,” ucapnya, Selasa 23/8/2022.

Saat pemaparan pelaksanaan APBD 2022. Serapan anggaran 3 OPD masih jauh dari harapan. Dibawah 50 persen sementara sudah semester I.Dari ketiga OPD tersebut, diantaranya Bappelitbangda realisasi anggaran belanja 36,21 persen dari pagu Rp8.270.514.963.

Sebelumnya, anggota DPRD Wajo, Mustafa menyampaikan, porsi anggaran yang didapat Bappelitbangda memang cukup besar jika dibanding dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis lainnya.

Sebagai instansi perencanaan, Bappelitbangda harusnya mampu menempatkan diri sebagai leading sektor yang dapat melihat kebutuhan-kebutuhan anggaran di setiap OPD, bukan justru memangkas dan menumpuk anggaran di OPD sendiri. “Output yang dihasilkan juga tidak maksimal,” nilainya.. (Biro Wajo)

Shares

BACA JUGA

Meminimalisir Bank Emok , Bupati Bandung sosialisasikan bantuan pinjaman bergulir 60 juta setiap RW

Ade Darmansyah