DAERAH

Pelantikan dan pengambilan sumpah Ketua RW dan RT menuju sukses Sukamenak Ngagaya.

 

Poros Indonesia, Kabupaten Bandung — Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ketua Rukun Warga (RW) dan ketua Rukun Tetangga (RT) desa Sukamenak, kecamatan Margahyu, Kab,Bandung periode 2021 – 2026 Menuju sukses Sukamenak Ngagaya ( Ngahiji Agamis dan Berdaya Saing ).

Sebanyak 17 Rukun Warga ( RW ) dan 141 Rukun Tetangga ( RT ) dilantik dan di ambil sumpah jabatan nya secara serentak oleh kepala desa Sukamenak Taufik SE. yang di hadiri Sekertaris Camat Margahayu, Babinsa, BPD, LPM, PKK, para ketua RT/RW dan tamu undangan lainnya yang digelar di GOR SDIT Ann’imah. Sekeawi, Jum’at 7/1/2022.

Peran RT dan RW di seluruh desa sukamenak berjalan sinergi dengan pemerintah desa yang bertujuan untuk memudahkan pelaksanaanya dari program – program dari pemerintah sampai kepada masyarakat” tutur Taufik SE di sela kegiatan pelantikan.

Dimasa pandemi ini memang peran RT/RW yang cukup sentral dan cukup penting ketika bantuan – bantuan sosial itu masih berjalan sekarang, nanti akan bisa bekerjasama dengan ketua RT/RW untuk mempertegas artinya bahwa para KPM itu adalah masyarakat yang betul – betul membutuhkan” ucap Taufik

BACA JUGA :   Kapolres Pangkalpinang Resmi Buka Lomba Seni Burung Berkicau Hari Bhayangkara ke 76

Kami dari pemerintah desa mengapresiasi dan juga sebagai capaian kenapa dibilang capaian Taufik juga menjelaskan” ketika kami punya visi-misi bagai mana kami tertera bahwa kami akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa, kita bisa lihat proses pemilihan RT/RW bahwa hampir diseluruh RW dilakukan secara pemilihan langsung oleh masyarakat artinya tidak ada calon tunggal ketika tidak ada calon tunggal berarti disitu muncul animo masyarakat untuk membangun desa Sukamenak.

Saya ambil sisi positipnya seperti itu jadi masyarakat ingin berperan aktip di pengurusan Rt/Rw itu, mudah – mudahan mempunyai niat yang sama yang di inginkan pemerintah yaitu bagai mana mensejahterakan masyakat memperlancar pembangunan desa” jelasnya.

Alhamdulilah animo masyarakat dalam pemilihan langsun hampir rata – rata 50 % lebih bahkan ada yang 80% yang artinya situasi seperti ini mudah-mudahan bisa kita jaga kedepan artinya demokrasi desa sukamenak mulai terbuka dimulai dari pemilihan Kades ada 5 calon sekarang juga hampir setiap RT tidak ada calon tunggal hanya beberapa %. Mari kita jaga bersama – sama terbukanya demokrasi desa sukamenak yang tentu harapan kami adalah bagaimana menciptakan pemimpin – pemimpin yang berkualitas di desa Sukamenak.

BACA JUGA :   Bupati Bangka Mulkan sambut kepala kejaksaan negeri Sungailiat yang baru

Masih kata Taufik untuk insentive RT/RW itu sesuai arahan pak bupati. dan didalam APBD penetapan bulan desember, kami menetapkan sembilan bulan untuk kedepannya seperti apa mungkin nanti akan ada regulasi atau ADPD ada perubahan dari bupati.”Tutup Taufik SE sebagai Kepala Desa Sukamenak.

Saat yang sama Sekertaris Camat Margahayu ” Para ketua RT/RW adalah ujung tombak untuk menyelaraskan dan menyambung kebijakan pemerintah desa untuk kemajuan desa secara merata. Sekcam pun meminta kepada Ketua RT dan RW yang baru dilantik agar membuka Peraturan Kemendagri Nomor 18 Tahun 2018″paparnya

‚ÄúPara Ketua RW dan RT diharapkan mampu bekerjasama dengan desa, terus juga bisa mendongkrak kegotong royongan antar warganya. semoga dengan pembinaan kapasitas ini seluruh RT dan RW yang ada di desa Sukamenak ini bisa lebih berkoordinasi dan berkolaborasi serta bekerjasama dengan pemerintahan desa Sukamenak. Agar mengetahui lebih lanjut tentang tugas pokok dan fungsinya,” jelasnya. ( Asep ).

Shares

BACA JUGA

Dirjen Perhubungan Laut UPT wilayah Sulsel dan Sulbar bantu korban banjir bandang Parigi Moutong Sulteng.

Ade Darmansyah