NASIONAL

Pesta Bona Taon Sijabat Jabodetabek 2022, Ketua Panitia: Bona Taon Adalah Identitas Habatakon

Poros Indonesia, Jakarta – Punguan Pomparan Toga Sijabat (PPTS) Jabodetabek menggelar acara besar bernama bona taon yang dilaksanakam di Gedung Graha Delima, pada hari Minggu, (24/4/2022).

Bona taon secara harfiah berarti awal tahun, yang diartikan sebagai acara yang dilakukan sebagai penyambutan tahun yang akan dilalui.

Umumnya kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah yang paling utama adalah ucapan syukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas berkat Nya untuk tahun yang telah dilalui, dan permohonan kepada Tuhan agar tahun ini semakin diberkati,

Dalam acara bona taon ini, juga dilakukan acara khas adat batak. Apalagi tradisi manortor ( menari ) dan juga sering diselipkan acara pengumuman kepada anggota keluarga yang bergabung tentang kegiatan punguan/ kumpilan yang telah dilakukan setahun lalu.

Pesta Bona Taon Punguan Pomparan Toga Sijabat se Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekas tahun 2022i ini mengusung tema “Janganlah Takut, Sebab Aku Menyertai Engkau, Janganlah Bimbang Sebab Aku Ini Allahmu”.

Sub tema “Dengan Pesta Bona Taon Pomparan Toga Sijabat Dohot Boruna, Kita Hadapi Semua Masalah dan Kesulitan Hidup Melalui Semangat Tolong Menolong dan Saling Mengasihi Serta Selalu Mengandalkan Tuhan”.

BACA JUGA :   World ocean assessment, momentum perkenalkan pariwisata Belitung ke dunia

Pada acara tersebut, dalam sambutannya, Ketua Panitia Pelaksana, Drs. Jona Sijabat menyampaikan bahwa bona taon Toga Sijabat se-Jabodetabek ini diselenggarakan sebagai jembatan silaturahmi keturunan Sijabat, boru dohot bere. Dimana beberapa tahun terakhir ini bencana pandemi covid-19, membuat kita semua tidak bisa bertemu dan bersapa.

Selain tempat bersilaturahmi, dia juga mengatakan bahwa kegiatan bona tahon pada umumnya diselenggarakan oleh semua marga-marga batak, sehingga hal itu merupakan jati diri kebatakan, ungkapnya dihadapan ribuan orang yang memadati tempat acara.

“Yang paling pokok diadakannya bona taon ini adalah sebagai wadah untuk menegaskan identitas habatakon/ kebatakan Toga Sijabat, menciptakan kebaikan dan kebahagiaan bagi kita semua”, tegasnya.

Sebelumnya, Jona mengucapkan terima kasih kepada semua penasehat PPTS Jabodetabek dari tujuh sohe (ompu), Ketua PPTS Indonesia Barmen Sijabat, dan Ketua PPTS Jabodetabek Arifin Sijabat.

Secara khusus dia juga berterima kasih kepada Dewan Pembina PPTS Indonesia yang hadir datang dari Medan, Sahala Sijabat, dan Sekjen PPTS Indonesia, Jaihut Sijabat.

BACA JUGA :   Kapolri jelaskan kinerja akhir tahun 2021 dan reformasi birokrasi

Terlebih juga kepada Ketua Si Opat Ama se-Jabodetabek yang turut hadir, Jasen Siadari, dan kepada semua yang hadir yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Tidak lupa Jona juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan bantuan baik itu donatur maupun toktok ripe, karena tanpa kesatuan hati, acara ini tidak mungkin bisa dilaksanakan.

Mengenai anggaran pemasukan dan pengeluaran, Jona mengatakan, pihak panitia akan membuat perincian yang jelas dan dibuat dalam bentuk laporan dengan baik dan transparan.

Sebagai penutup dia meminta maaf jika ada kekurangan dalam acara, yang pasti pihak panitia melaksanakan dengan maksimal dengan sepenuh hati untuk meriahnya acara ini.

“Gabe ma jala horas, horas ma jala gabe”, ucap Jona. mengakhiri. (charles sijabat)

Shares

BACA JUGA

KTNA Nasional apresiasi Mentan SYL perjuangkan kenaikan HPP Gabah

Ade Darmansyah